Cara Belajar C++ dari Awal Sampai Bisa


teknojul.com akan membagikan panduan pembelajaran Bahasa Pemgrograman dasar yang pertama kali admin share di blog ini . Dalam postingan kali ini kalian akan mengetahui cara belajar C++ dari awal (pemula) sampai bisa , karena disini admin akan membagikan lengkap tutorial dari awal pengenalan hingga tahap akhir pembuatan program C++.

Bahasa pemograman C++ ini jika kalian di perguruan tinggi jurusan khususnya IT seperti Ilmu computer,Teknik informatika. Pengalaman admin mendapatkan mata kuliah dasar-dasar pemograman di semester awal, biasanya sedikit pengenalan tentang bahasa pemograman C++ dan algoritmanya.

1. Pengenalan Bahasa C++

Bahasa Pemrograman C++ adalah bahasa Pemrograman Komputer Tingkat Tinggi atau High Level Language. Bahasa C++ juga dimungkinkan Bahasa Pemrograman Tinggkat Rendah atau Low Level Language di dalam pengkodingan.

Bahasa Pemograman C++ itu sendiri sebelumnya bahasa C berkembang pada awal tahun 1980 oleh seorang  Bjarne Stroustrup.  Awal bahasa C++ mempunyai nama yaitu “C with Classes” dan berganti nama menjadi C++ sejak tahun 1983. Bjarne Stroustrup membuat bahasa pemrograman C++ dengan tambahan fasilitas yang banyak di gunakan oleh programmer sampai saat ini  yaitu bahasa pemrograman yang mendukung OOP (Object Oriented Programming).

2. Instal Compiler C++

Untuk belajar bahasa C++ dari awal kalian harus siapkan aplikasi Compiler C/C++ kalian bisa download banyak tersedia di internet atau dengan text editor seperti notepad tetapi sangat tidak efisien karena kita akan disibukan dengan masalah teknis didalam bahasa C++ dengan compilernya.

Pengalaman admin waktu kuliah awal semester menggunakan Compiler : DevC++, Code block dan banyak sekali Compiler C++ di internet kalian bisa download kemudian install.

3. Struktur Dan Bagian-bagian C++


Ada beberapa bagian utama dalam C++ , yaitu :
  • Preprocessor Directive (Pengarah Kompilator)
  • Declaration (Deklarasi)
  • Definition (Definisi)
  • Statement atau Expressions (Pernyataan atau Ekspresi)
  • Comments // (Komentar).

4. Header dan Main program pada C++



Perbedaa kode program di atas dan bawah ini menggunakan using namespace std; Fungsinya Kita tidak perlu mengetikan std::cout untuk mencetak output pada kode program sebelumnya, namun pada kode di bawah ini menggunakan using namespace std; letaknya dibawah setelah file header, untuk mengeluarkan output hanya cukup menggunakan fungsi cout saja.



Keterangan Header pada Contoh kode program diatas 

Pada baris pertama #include <iostream> artinya program tersebut akan menggunakan fitur dari pustaka (Library) yang bernama iostream. #include <iostream> di sebut File Header dalam bahasa C++ dengan memiliki library iostream tersebut, didalam C++ banyak sekali library atau pustaka yang didalamnya memuat kumpulan keyword dan function dan contohnya tidak hanya iostream saja, masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan programmer. 

Keterangan Main() pada Contoh kode program diatas

int main(), Merupakan function atau fungsi utama dalam menjalankan program C++, fungsi ini yang akan dibaca oleh kompilator pertama kali secara otomatis, fungsi ini yang mengatur arah kompilator. int adalah sebuah return type integer. fungsi utama memang harus menggunakan return type integer. Dan tepat setelah identifier (identitas) main terdapat sepasang tanda kurung ( ) yang artinya tempat parameter untuk sebuah fungsi (function), untuk fungsi int main() utama di kosongkan saja parameternya. Setelah int main() beri tanda { artinya pembuka di awal pernyataan dan di ahkir pernyataan beri tanda penutup seperti ini }.

5. Pendeklarasi Variable

Variabel yaitu suatu tempat memori yang berfungsi untuk menyimpan nilai atau konstanta.kemudian  nilai tersebut biasanya di dapat dari masukan pengguna/user ataupun programmer. Variabel yang telah dibuat merupakan sebuah memori pada komputer. Sebenarnya variable itu sendiri ada banyak sekali memori yang tersusun dan memiliki alamat sebagai penanda memori. Alamat memori itu biasanya di lambangkan bilangan hexadecimal dan pada setiap alamat mewakili satu bit.

Contoh Penulisan variable C++ :



Pada contoh kode program di atas adalah sebuah variabel yang dapat menyimpan data dalam bentuk int (integer) dengan nama pengena variable yang bertulis umur. Anda dapat membuat variabel tanpa nilai atau bisa langsung menyertakan nilai pada saat deklarasi variabel, pemberian nilai saat deklarasi atau  disebut dengan inisialisasi.

 Contoh variable bernilai :


Sebuah deklarasi juga di sebut sebagai sebuah pernyataan, Karena  Setiap kali pendeklarasian variabel harus diakhiri dengan tanda titik koma ; untuk pendeklarasian bisa lebih dari satu variabel yang di gunakan sesuai dengan kebutuhan user atau programmer.

Contoh variable lebih dari satu :



Berikut contoh variable yang sering di gunakan dalam menyelesaikan masalah pada suatu program C++ :

Tipe Data
Bentuk Penulisan
Boolean
bool
Character
char
String
string
Integer
int
Floating Point
float
Double Floating Point
double

6. Komentar Pada C++

Contoh kode program :



Komentar merupakan sebuah catatan atau dokumenasi yang ditulis oleh seorang programmer, fungsinya sebagai pengingat, pembatas, penanda atau penjelasan singkat ketika membaca sebuah baris kode. Pada C++ ada dua tanda yang dapat di gunakan untuk sebuah komentar:

  • tanda dua garis miring // di gunakan untuk komentar satu baris saja biasa di gunakan untuk penanda atau pengingat kode program. 
  • Dan tanda /*… */ di gunakan untuk komentar lebih dari satu baris atau paragraph biasanya untuk penjelasan lebih jelas dari baris kode.

Baik untuk cara belajar C++ sampai bisa perlu waktu dan tenaga dalam pembelajaran, pada postingan kali ini teknojul.com  sudah membagikan sebatas pengenalan saja tentang C++ dan strukturnya dan berhubung panduan ini sangat panjang dan tidak mungkin membuatnya menjadi satu halaman dalam postingan ini jadi nanti admin akan buatkan daftar isi tentang cara belajar C++ dari awal sampai bisa membuat program menggunakan C++. Untuk memahami lanjut baca artikel berikutnya.

1. Membuat Input dan Output Pada program C++


SILAHKAN BERLANGGANAN GRATIS :

Atau Hub admin@teknojul.com

1 Response to "Cara Belajar C++ dari Awal Sampai Bisa"