Membuat Jaringan LAN menggunakan Packet Tracer dengan mudah


teknojul.com

teknojul.com akan membahas bagaimana cara membuat jaringan LAN dengan aplikasi Cisco Packet Tracer dengan topologi yang sederhana. Untuk membuat jaringan LAN atau di sebut dengan (Local Area Network) ini langkah awal untuk mengenali sebuah jaringan komputer yang biasa kita lihat di sekitar kita seperti di warnet, lab komputer, kantor, perusahaan, dan lainnya.

LAN merupakan jaringan local komputer yang mencangkup skala kecil, Didalam aplikasi Cisco Packet Tracer inilah  kita dapat membuat simulasi dari suatu topologi atau rangkai jaringan komputer khsusnya Membuat Jaringan LAN dengan Packet Tracer. Bagi kalian yang belum punya aplikasinya slahkan download dahulu dan install di internet banyak langkah-langkah untuk menginstall Cisco Paket Tracer.

1. Membuat Topologinya 

teknojul.com

Keterangan :

  1. Pada menu di kiri bawah Cisco Packet Tracer terdapat beberapa device, kalian pilih End device yang mau kita gunakan seperti PC, Tablet, Smartphone, Laptop, dan lain-lain.
  2.  Kemudian pilih device PC karena kita akan membuat jaringan LAN sederhana, PC tersebut untuk menghubungkan antara PC0 ke PC lainya.
  3. Langkah selanjutya kalian bisa seret atau klik pada PC ke arah blank page, dimana tempat kita mendesain sebuah jaringan.
  4. Kemudian kita pilih Conection untuk menghubungkan devicenya, gunakan Conection Automatically agar mempermudah port yang di hubungkan, kabel yang di sambungkan otomatis sesuai Devicenya seperti di bawah ini dia akan otomatis menggunakan kabel Stright karena menghubungkan device yang berbeda PC ke Swicth.
  5. Sambungkan PC ke Swicthnya, Sebelumnya kalian gunakan dulu switchnya pada bagian Network device pilih Swicth PT fungsinya untuk menerima dan mengirim data dengan mengubungkan beberapa PC ke alamat tujuan melalui port swicth atau sebagai konsentrator, lakukan hal yang sama dari nomor 1-5 sampai menjadi sebuah topologi pada nomor 6.
teknojul.com

    6. Topologi Jaringan LAN sederhana

teknojul.com

2. Setting IP Address

Setelah jadi seperti gambar di atas pastikan semua kabel atau Conection berwarna hijau, Langkah selanjutkan kita mengisi ip address pada setiap PC agar saling menerima dan mengirim data PC1 ke PC lainnya, isi IP address pada table berikut.
Device
IP Address
Subnet Mask
PC 1
192.168.1.1
255.255.255.0
PC 2
192.168.1.2
255.255.255.0
PC 3
192.168.1.3
255.255.255.0
PC 4
192.168.1.4
255.255.255.0
Double klik pada PC1 kemudian pilih Deskop ---> IP Configuration
isikan IP address dan Subnet mask pada setiap PC1 sampai PC4 dengan IP yang sudah ada di tabel atas.

teknojul.com

Pastikan semua PC sudah terisi IP address dan Subnet Mask sesuai dengan tabel, Kemudian lakukan Ping pada setiap PC pilih Deskop ---> Command Promt, Kemudian ketik Ping dari PC2 ke PC lainnya jika terhubung maka seperti gambar di bawah ini :


Baik untuk pembahasan mengenai Membuat Jaringan LAN dengan Cisco Packet Tracer mungkin itu saja untuk membuat topologi yang sederhana, jika kalian ingin menambahkannya silahkan belajar mengembangkan yang sudah ada 


SILAHKAN BERLANGGANAN GRATIS :

Atau Hub admin@teknojul.com

1 Response to "Membuat Jaringan LAN menggunakan Packet Tracer dengan mudah"